Selasa, 19 Juni 2018

POSPERTKI Saudi Gelar Ziarah ke Kota Madinah Bersama TKI




Pada 02 Syawal 1439 H (16/06/2018) tepat di hari kedua Idul Fitri, POSPERTKI (Posko Perjuangan TKI) Saudi Arabia bersama ratusan Pekerja Migran Indonesia dari lintas kota di Saudi Arabia melakukan ziarah ke kota Madinah.

Kegiatan ke kota Madinah yang diprakarsai oleh POSPERTKI (Posko Perjuangan TKI) Saudi Arabia ini, dimulai melakukan perjalan ziarah dari hari Sabtu tanggal 16/06/2018 atau dihari kedua idul fitri 1439 H hingga hari Senin (18/06/2018).

Sebelum berangkat ke kota Madinah, para PMI (Pekerja Migran Indonesia) terlebih dahulu berkumpul di Pasar Corneis Al Balad kota Jeddah pada pukul 5 sore. Setelah berkumpul semua dan memasuki bus, para jama’ah yang merupakan PMI diberikan dahulu ID Card tanda pengenal serta snack dan minuman. Tepat setelah sholat isya, rombongan POSPERTKI bertolak ke kota Madinah.

Kegiatan perdana ini pun dikoordinir oleh Imam Sonhaji yang biasa disapa dengan panggilan Bejo. Selain itu, juga dibantu oleh Ramida Muhammad, Maman Suherman, Roedy Mussofak, Hadrowi Abdul Aziz, Farouq Salim, Rofik Suherman, Tim Harmonis, dan beberapa orang yang tergabung dalam kepanitiaan.

Setiap bus terdapat 2 panitia dan seorang ustadz untuk memimpin do’a dan tausiyah. Selain konsumsi, para jama’ah juga diberikan fasilitas hotel saat tiba di kota Madinah.


Iman Sonhaji yang biasa disapa Bejo, sebagai koordinator mengaku bersyukur program perdana ziarah ke kota Madinah berjalan lancar dan sukses yang diprakarsai POSPERTKI. Padahal kegiatan tersebut bersifat mendadak, dan Alhamdulillah antusias serta kepercayaan PMI yang daftar mencapai ratusan dengan 4 bus. InsyaAllah kedepan akan ditingkatkan,” jelasnya.

Para jama’ah tiba di Madinah pada hari Minggu (17/06/2018) pukul 04.30 pagi yang diawali ke Masjid Kuba untuk sholat subuh berjam’ah. Setelah itu berlanjut ziarah ke beberapa tempat di kota Madinah diantaranya Jabal Uhud, Kebun Korma, dan Masjid Kiblatain. Dan pada 4 sore waktu setempat, Jama’ah tiba dan beristirahat di Hotel Al Fayroz Kartaj yang jaraknya kurang lebih 450 meter ke Masjid Nabawi bila berjalan kaki.

Para jama’ah yang merupakan Pekerja Migran Indonesia dihimbau oleh panitia untuk beristirahat dahulu dikamar hotel yang sudah disediakan. Hal ini dikarenakan, program selanjutnya pada hari Senin (18/06/2018) waktu shubuh akan difokuskan untuk beribadah dan ziarah ke Masjid Nabawi. Dan panitia pun mewajibkan para jama’ah pukul 10 pagi sudah harus kembali ke hotel untuk bersiap check out dan kembali menuju ke kota Jeddah.

Para jama’ah yang merupakan Pekerja Migran Indonesia tiba di kota Jeddah pada Senin (18/06/2018) pukul 9.30 malam dengan selamat dan lancar. Dan para PMI (Pekerja Migran Indonesia) mengungkapkan, merasa beruntung ikut rombongan ziarah yang diprakarsai POSPERTKI. Serta mereka pun merasa puas atas pelayanan yang diberikan baik itu dari persiapan, kendaraan, konsumsi, tempat tinggal, dan lainnya. Dan berharap agar kegiatan seperti ini dilaksanakan berkelanjutan oleh POSPERTKI.



Ramida Muhammad selaku Ketua Umum POSPERTKI yang juga Wakil Ketua DPLN PDI Perjuangan Saudi Arabia menyampaikan rasa terima kasihnya serta apresiasi kepada panitia dan jama’ah atas kerja samanya. Dengan adanya dukungan dan semangat serta saran dari berbagai pihak termasuk jama’ah, Ramida berjanji akan meningkatkan pelayanan dan menjadikan program berkelanjutan.

Kegiatan ziarah ini dikenai biaya 165 Riyal Saudi per orang, sudah mencakup ID Card, Transportasi, Snack, Konsumsi, dan Hotel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar